Minggu, 18 Maret 2012

Menanggulangi ketajaman makro

setelah membongkar rahasia lensa makro,kali ini saya akan membongkar rahasia ketajaman hasil makro yang sering saya lakukan. tapi tidak selalu. karena saya memakai handphone dan kecerahan cahaya sangat mempengaruhi, ditambah lagi faktor gerakan tubuh sangat mengganggu juga dalam pengambilan foto makro dimana handphone tidak memiliki snapeshooot yang dapat mengambil gambar dengan cepat. nah.. kali ini akan saya share bagaimana saya mempertajam hasil makro. Dari semua hasil makro yang saya upload,hasilnya dari tidak tajam, ke tajam, sampai bokeh lebih halus. ini semua karena bantuan software. ditambah lagi saya menambahkan satu lagi kaca pembesar di depan lensa makro buatan saya itu,jadi ada dua kaca pembesar dan satu lensa pembanding dari teropong anak-anak.
foto diatas sebenarnya sangat tidak tajam. objeknya blur,sampai sekarang pun masih tampak agak blur. nah, bagaimana sih biar dari blur menjadi jelas. tentunya perlu bantuan software. yang saya gunakan adalah P!CASA v terbaru 3,9 dan PH0TO5C4PE.
bagaiamana caranya?. begini... saya tidak akan mennjelaskan dengan gambar, karena urutannya sangat mudah.
1. P!casa dibuka lalu buka gambar. lalu "crop" , croping terserah anda
2. masih di P!casa, setelah crop, atur contras, hanya atur "shadow" saja. atur suka suka
3. lalu masih di P!casa, cari pengaturan yang ada HDR nya.atur "fade" mentok ke kiri, "Strange" mentok ke kiri, nah pengaturan ketajaman ada pada pengaturan atas sendiri setelah "strange".
4. setelah itu,export ke folder.
5. buka Photosc4ape, cari foto tadi, lalu hilangkan noise dengan komposisi yang paling "HIGTH" , cari sendiri dimana menghilangkan noise. 6. setelah dihilangkan noisenya, lalu di sharpen "12". ulang sharpen sesuai keinginan setelah "12",bisa "5","2",atau "1" sesuai kebutuhan ketajaman objek.
7. save.

hasilnya bisa seperti foto foto diatas. lumayan bagi pecinta mobilegraphy yang ingin praktis.

2 komentar:

  1. matap mas... saya di ajari, hp saya SE XPERIA MINI

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenali kamera anda dulu, mulai dari setting sampai white balance dan pengaturan kontras.. kalau sudah.. silahkan jeprat jepret dan diatur atur white balance dan kontras waktu memotret.., nanti anda akan menemukan foto mana yang dirasa bagus menurut anda, terus buka internet untuk belajar,atau bisa juga belajar dari belajarfotografi.com , cari disitu cara untuk menempatkan objek.walaupun pakai HP, inti dalam pengambilan objek itu sama.

      Hapus